Kemah Suci ( Tabernacle )

Keluaran 25 : 40 … Dan ingatlah, bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu.
Ibrani 8 : 1 – 5 … Inti segala yang kita bicarakan itu ialah : kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga,  (2) dan yang melayani ibadah di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Tuhan dan bukan oleh manusia. (3) Sebab setiap Imam Besar ditetapkan untuk mempersembahkan korban dan persembahan dan karena itu Yesus perlu mempunyai sesuatu untuk dipersembahkan.  (4) Sekiranya Ia di bumi ini, Ia sama sekali tidak menjadi imam, karena di sini telah ada orang-orang yang mempersembahkan persembahan menurut hukum taurat.  (5) Pelayanan mereka adalah gambaran dan bayangan dari apa yang ada di sorga, sama seperti yang diberitahukan kepada Musa, ketika ia hendak mendirikan kemah : ” Ingatlah,”  demikian firmanNya, ” bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu.
Dalam Ibarani 8 : 1 – 5 , Rasul Paulus membandingkan semua yang ada di muka bumi dengan yang ada di surga. Kita tahu bahwa Tuhan Yesus yang di surga telah diangkat oleh BapaNya menjadi Imam Besar menurut aturan Melkisedek, yaitu MENJADI IMAM yang bukan dikarenakan aturan turun-temurun seperti orang Lewi, tetapi LANGSUNG DITUNJUK OLEH BAPA SURGAWI. Di bumi Yesus tidak menjadi imam karena sudah ada gambarnya yakni imam-imam Lewi itu, jadi imam originalnya tetap adalah Yesus sedangkan imam Lewi hanyalah gambar saja. Lalu ketika Musa naik ke atas gunung Horeb, oleh Tuhan ditunjukkan Kemah Suci yang adalah buatan Tuhan sendiri, yang sudah lama telah ada di surga, agar Musa membuat replikanya (tiruannya) di atas bumi. Jadi kesimpulannya Kemah Suci yang dibuat di alam materi di bumi itu tidak lain hanyalah replika dari Kemah Suci yang ada di surga.
Kemah Suci (yang merupakan replika/tiruan dari kemah suci yang telah ada di surga) yang dibuat oleh Musa seperti contoh yang telah diberikan oleh Tuhan kepadanya, kurang lebihnya bentuk dan bagian-bagiannya dapat saudara lihat pada halaman TABERNACLE (klik di sini), dalam sajian Slide Show. Tuhan memberkati saudara !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: